Kaulinan Urang Lembur Dimeriahkan 40 Kwaran Pramuka

Kaulinan Urang Lembur Alimpaido patut diwariskan guna lestari nilai budaya dalam mewujudkan Kabupaten Termaju di Indonesia.
.
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) bekerjasama dengan Kwarcab Pramuka Kabupaten Bogor menyelenggarakan kegiatan Kaulinan Urang Lembur Alimpaido ke- III.
 
Kegiatan ini di ikuti 40 Kwaran Pramuka se Kabupaten Bogor yang berlangsung pada 17-18 Juni 2014 bertempat di lapangan gedung Kesenian, Jalan Raya Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor Bogor, Selasa (17/6/2014).

Dalam sambutan Kepala Disbudpar Kabupaten Bogor, disampaikan oleh Kabid Obyek Wisata Dirmansyah bahwa kegiatan Kaulinan Urang Lembur Alimpaido sebagai upaya pelestarian terhadap kearifan lokal, sekaligus pengembangan kepariwisataan. Melalui daya tarik penyelenggaraan Kaulinan Urang Lembur yang dikemas menjadi salah satu atraksi wisata ini diharapkan memiliki nilai tambah sosial, ekonomi dan lingkungan untuk mewujudkan pembangunan pariwisata yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.

"Alimpaido perlu dilestarikan dan dikembangkan sebagai budaya daerah yang dapat memberikan kontribusi yang cukup signifikan dalam mewarisi budaya bangsa sehingga masyarakat kembali kepada jati dirinya. Disamping itu pula mampu memberikan kontribusi daya tarik disektor pariwisata dan pendapatan asli daerah, sebagaimana salah satu penciri Kabupaten Termaju di Indonesia," harapnya. 

Sebelumnya, Kepala Seksi Budaya pada Disbudpar Kabupaten Bogor, Agus Priyatna menambahkan kegiatan ini bagian dari komitmen Pemerintah Kabupaten Bogor dalam melestarikan pariwisata dan permainan tradisional, sekaligus mencari bakat berprestasi untuk mewakili Kabupaten Bogor dalam lomba di tingkat Jawa Barat.

Menurutnya, masing-masing regu yang berasal dari 40 Kwaran Pramuka se Kabupaten Bogor mengikuti rangkaian perlombaan egrang, engkle, rorodaan, parepet jengkol, bdil jepret, kelom batok, sorodot gaplok, dimainkan secara estafet oleh regu. "Kegiatan Alimpaido tahun ini bertema Nostalgia permainan anak jaman dahulu ysng kini hampir punah. Lomba permainan tradisional ini mengedepankan aspek keseimbangan, kecepatan, kekuatan, strategi, konsentrasi dan kekompakan," katanya. (IBR) MS


Posted by Unknown on 08.42. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for Kaulinan Urang Lembur Dimeriahkan 40 Kwaran Pramuka

Leave comment

KULINER BOGOR

2010 PORTAL BERITA BOGOR. All Rights Reserved. - Provided by ZACK DESIGN TEMPLATE.